Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajran E-Komik Sistem Pencernaan Pada Manusia Untuk Siswa Kelas V
Media pembelajaran yang digunaakan pada saat pembelajaran masih sederhana tanpa adanya pengembangan, hal tersebut mengakibatkan kurang antusiasnya siswa dalam pembelajaran. Dibutuhkan media pembelajaran yang menarik dan inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran E-Komik sistem pencernaan pada manusia. Metode penelitian yang digunakan peneliti merupakan penelitian pengembangan dan menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yakni: tahap Analysis (analisis), tahap Design (perancangan), tahap Development (pengembangan), tahap Implementation (implementasi), tahap Evaluation (evaluasi). Subjek uji coba adalah 7 siswa kelasVSDN Karangbesuki 2 Kota Malang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Angket terdiri dari angket ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru (calon pengguna), dan angket siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil daripenelitian ini adalah media pembelajaran E-Komik sistem pencernaan pada manusia menggunakan model ADDIE dan menyatakan bahwa media pembelajaran E-Komik sistem pencernaan pada manusia memperoleh skor validasi ahli media 92,5% dengan kategori sangat valid, ahli materi memperoleh skor 87,5% dengan kategori Sngat valid, ahli bahasa memperoleh skor 96,4 % dengan kategori sangat valid. Hasil dari kepraktisan guru memperoleh skor 96,1% dengan kategori sangat baik, kepraktisan siswa memperoleh skor 85,55% dengan kategori sangat naik, dan keefetifan 81% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil paparan penilaian diatas media pembelajaran E-Komik sitem pencernaan pada manusia dikategorikan “Sangat Layak” dan “Sangat Baik” digunakan dilapangan. Hasil pengembangan media pembelajaranE-Komik system pencernaan pada manusia dapat dijadikan referensi guru sebagai media pembelajaran pendamping pada saat proses pembelajaran.
21344328/SB/2022 | KKI 372 RAM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain