Electronic Resource
Pengembangan Media Aquarium Angka Untuk Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelompok A Di TK Bina Insan Mulya Singosari
Aspek kognitif mempunyai peran penting karena kognitif dapat diartikan sebagai kemampuan memperhatikan, mengamati, mengingat, tentang pengetahuan yang luas dan umum, berbahasa, daya cipta (kreativitas), daya nalar(berpikir), serta daya ingat. Aspek kognitif dapat diartikan sebagai kemampuan berpikir sehingga dapat menilai, menghubungkan, dan mempertimbangakan suatu pengalaman atau kejadian sehingga mereka mampu memecahkan masalah dan berpikir kompleks. Hasil observasi yang dilakukan di TK Bina Insan Mulya Singosari Kabupaten Malang pada kelompok A hasil dari lembar kerja harian dan wawancara dengan guru kelas, penulis mendapatkan permasalahan bahwa terdapat peserta didik yang belum dapat menguasai kegiatan menyebutkan lambang bilangan 1-10 dan mencocokkan bilangan dengan benda, peserta didik masih belum dapat menyebutkan bilangan secara urut dan belum faham dengan angka bilangan, peserta didik sudah dapat menyebutkan bilangan dengan urut namun masih belum faham dengan angka bilangannya sehingga harus dibantu oleh guru.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media aquarium angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Bina Insan Mulya Singosari Kabupaten Malang pada kelompok A yang berjumlah 24 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Metode penelitian ini dengan menggunakan metode Reseach and Development (R&D) yang ditemukan oleh Borg and Gall dan dikembangkan oleh sugiyono (2017).
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini bahwa, media aquarium angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Bina Insan Mulya Singosari Kabupaten Malang. Pada uji ahli media I diperoleh prosentase 97%, uji ahli materi I 80%, uji media II 100%, uji ahli materi II 100%, uji kelompok kecil 86%, dan hasil uji kelompok besar 92%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan kognitif anak.
Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa media aquarium angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, sehingga media ini layak dipergunakan dan dapat dijadikan sebagai alternatif guru dalam menggunakan media pembelajaran. Selain itu guru dapat memberikan motifasi dan menstimulus agar kemampuan kognitif anak dapat terus meningkat.
21344326/SB/2022 | KKI 372 SUS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain