Electronic Resource
Pengembangan Arabic Book Series Sebagai Media Pengenalan Bahasa Arasb Kelompok B Di TK Dharma Wanita Persatuan 9 Kalirejo Kecamatan Lawang
Berdasarkan pada program unggulan yang dilakukan di TK Dharma Wanita Persatuan 9 Kalirejo bahwa memberikan pembekalan pendidikan agama Islam pada anak didiknya. Dimana program tersebut sudah berjalan selama 2 tahun kebelakang. Kegiatan dilakukan setelah kegiatan inti usai dan setelah jam istirahat sebelum pulang anak didik akan mendapatkan bimbingan dari guru agama dimana merupakan Kepala Sekolah lembaga tersebut. Namun anak didik kurang antusias dan kurang maksimal dalam menerima materi pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Arab dikarenakan metode yang digunakan adalah klasikal dan juga kurangnya media pembelajaran. Maka dari itu diperlukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran di kelompok B agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan merasa tertarik pada materi pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa dan guru di TK Dharma Wanita Persatuan 9 Kalirejo dalam materi pembelajaran keterampilan membaca Bahasa arab melalui pengembangan media Arabic Book Series. Jenis penelitian ini adalah R&D atau penelitian dan pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Secara garis besar penelitian pengembangan memiliki dua tujuan utama yaitu mengembangkan produk dan menguji keefektifitasan produk
Berdasarakan hasil observasi pada uji kelompok kecil dapat diketahui bahwa hasil keseluruhan pada 5 (lima) responden adalah 80%. Setelah dikonversikan,tabel konvensi menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan pada kualifikasi baik dan tidak perlu revisi. Uji coba lapangan operasional dilakukan dengan responden satu kelas penuh yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 5 putra dan 10 putri dengan usia anak 5-6 tahun sudah memperoleh hasil yang “sangat baik”. Adapun hasil validasi penilaian dari ahli media terhadap aspek pembelajaran, diketahui jumlah persentase sebesar 85,4% dan validasi penilaian dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 97,9%, maka jika dikonversikan akan mendapatkan kategori “Sangat Baik”.
Berdasarakan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengemnbangan Arabic Book Series sebagai media keterampilan membaca bahasa arab kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 9 Kalirejo memnuhi kriteria baik. Media ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di TK Dharma Wanita Persatuan 9 kalirejo.
21344324/SB/2022 | KKI 372 KRI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain