Electronic Resource
Pengembangan Media Celemek Pintar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Kelompok A (4-5 Tahun) Di TK Santa Maria III Malang
Kemampuan membaca merupakan kesanggupan anak untuk mengenali huruf dan kata,kemudian menghubungkan dengan bunyi serta memahami makna dari tulisan yang dibaca diawali dengan kemampuan mendengarkan huruf dengan benar dan tepat. Membaca juga merupakan kemampuan yang dipelajari sejak usia dini,sehingga tidak ada salahnya membaca diajarkan di TK asal sesuai dengan karakteristik anak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengembangan media celemek pintar layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini kelompok A di TK Santa Maria 03 Malang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Prosedur pengembangan terdiri dari 9 langkah yaitu:
(1) Potensi dan Masalah; (2) pengumpulan data; (3)desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9)revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Angket, serta Dokumentasi sebagai bukti pelaksanaan serta aktifitas anak.teknik analisis data menggunakan skala Guttman (deskriptif) dengan persentase tabel kriteria tingkat kelayakan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuji dengan beberapa tahap yaitu tahap validasi materi, tahap validasi media, uji coba lapangan utama, serta uji coba lapangan operasional memperoleh hasil yaitu, hasil presentase dari validasi ahli materi 87,5%, validasi ahli media 93,75%, sedangkan uji lapangan utamal 82,14 % uji lapangan operasional 97,22% semua itu tergolong dalam kategori “sangat layak”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media belajar celemek pintar layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan Media celemek pintar sudah layak dan sangat baik digunakan untuk pengembangan kemampuan membaca anak usia dini kelompok A di TK Santa Maria 03 Malang. Penelitian ini dapat menjadi masukkan dan bahan pertimbangan guru dalam meningkatkan aspek bahasa serta bahan untuk meneliti lebih lanjut mengenai media celemek pintar untuk perkembangan aspeklainnya
21344312/SB/2022 | KKI 372 SAB p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain