Electronic Resource
Pengaruh Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Monopoli Elektronik (ME 3 IN 1) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Daring Di SD Negeri 1 Patokpicis Wajak Kabupaten Malang
Pelaksanaan pembelajaran daring peran guru lebih dominan dalam melakukan pembelajaran, media yang digunakan guru sangat tidak menarik karena itu bisa menjadi penyebab bahwa siswa kurang bermotivasi ketika belajar. Sehingga hasil belajar siswa sangat menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Teams Games Tournament berbantuan media Monopoli Elektronik (ME 3IN1) terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran daring. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu media Monopoli Elektronik (ME 3IN1) dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Subjek pada penelitian ini yaitu pada tema 4 subtema 2 pembelajaran 1 kelas IV di SD Negeri 1 Patokpicis Wajak.Pengujian yang dilakukan meliputi uji instrumen (validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran) dan uji prasyarat (normalitas, homogenitas, hipotesis). Ketercapaian hasil dalam penelitian ini sebagai berikut: a) Normal, dengan perolehan nilai signifikasi untuk pre-test kelas kontrol 0,057 dan kelas eksperimen 0,045. Hasil nilai signifikasi post-test kelas kontrol 0,022 dan kelas eksperimen 0,022. Kemudian di dukung dengan uji wilcoxon dengan perolehan Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 ; b) Homogen, dengan perolehan nilai signifikasi post-test di kelas kontrol dan eksperimen yaitu sebesar 0,552 ; c) Uji hipotesis dengan uji T dan uji F, dengan perolehan uji T nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan uji F dengan signifikansi 17,007 > F tabel 4,23. Dapat disimpulkan H0 diterima dan H1 ditolak sehingga ada pengaruh model teams games tournament berbantuan media Monopoli Elektronik (ME 3IN1) terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran daring. Selain itu, peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu sebesar 13 dari nilai rata-rata pre-test 67 dan post-test 80. Untuk itu media monopoli elektronik (ME 3IN1) dapat dikembangkan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
21344302/SB/2022 | KKI 372 AGU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain