Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Pembelajaran IPA Siswa Kelas II Sdn Kebonagung 01 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang
Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, harus menarik perhatian siswa. Proses belajar mengajar yang tidak menarik mengakibatkan kejenuhan, sehingga
perhatian siswa tidak terpusat pada proses pembelajaran. Guru harus kreatif dan inovatif dalam menerapkan berbagai model mengajar dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Guru harus bisa menentukan strategi, pendekatan, maupun model pembelajaran yang sesuai untuk siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model examples non examples, agar siswa dapat belajar berpikir kritis dengan jalan memecahkan permasalahan yang terkandung dalam contoh gambar yang telah dipersiapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model examples non examples terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Desain yang digunakan yaitu kuasi eksperimen bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II di SDN Kebonagung 01 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas II A yang berjumlah 23 siswa dan siswa kelas II B yang berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berupa pre-test dan post-test, dengan uji instrumen yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran butir soal, dan uji daya beda butir soal. Sedangkan analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t analisis data menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh 0,000< 0,05 dengan demikian maka hipotesis diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran examples non examples berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini disarankan untuk digunakan guru dan peneliti agar dapat menggunakan model pembelajaran examples non examples sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran.
21344296/SB/2022 | KKI 372 FIT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain