Electronic Resource
Pembiasaan Nilai Karakter Disiplin Melalui Metode Pembelajaran Blended Learning Disekolah Dasar Inpres Bareng Lembata Nusa Tenggara Timur
Seiring dengan perkembangan zaman di dunia pendidikan yang semakin canggih, hal tersebut tidak terlepas dari berbagai macam permasalahan, salah satunya pendidikan karakter disiplin, pada situasi seperti ini karakter disiplin siswa semakin menurun atau rendah sehingga peneliti tertarik melaksanakan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui tentang pembiasaan nilai karakter disiplin melalui metode pembelajaran Blended Learning di SDI Bareng. Tujuan dari penelitian ini ialah (1) bagaimana menerapkan karakter disiplin pada pembelajaran Blended Learning di SDI Bareng dan (2) Hambatan menerapkan pembelajaran Blended Learning untuk pendidikan nilai karakter disiplin di SDI Bareng.
Pada penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan sumber data pada penelitian ini ada dua yaitu (1) sumber data primer dan (1) sumber data sekunder. Dalam penelitian kualitatif ini menggunakan teknik triangulasi data yakni Reduksi Data, Display Data, dan Verifikasi dan juga keabsahan data. Prosedur penelitian data meliputi beberapa tahap yaitu tahap persiapan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan penelitian dan tahap kesimpulan.
Hasil yang ditemukan peneliti pada saat penelitian yaitu siswa bisa disiplin melalui metode pembelajaran Blended Learning, dimana guru menerapkan pembiasaan kedisiplinan siswa tidak hanya menggunakan via maya namun bisa dengan tatap muka untuk memantau langsung, beberapa teknik yang digunakan pada metode tersebut yakni, pemberian tugas, pengumpulan kembali tugas siswa, melakukan pendekatan ke siswa maupun orang tua, melakukan kunjungan kerumah siswa itu semua akan membantu kedisiplinan siswa dapat diterapkan. Namun adapun kekurangan dan kelebihan yang dihadapi guru dalam menerapkan metode Blended Learning untuk pendidikan nilai karakter disiplin ialah ada siswa dan orang tua wali yang tidak memiliki HP android, susahnya jaringan internet beserta kuota internet karena berada di pelosok desa. Adapun kelebihannya, yaitu peserta didik bisa mencari sumber belajar yang lain seperti di perpustakaan, menghemat biaya, siswa bisa berdiskusi langsung dengan teman sekelas.
21344288/SB/2022 | KKI 372 ABD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain