Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19

Electronic Resource

Analisis Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19

Nafisah - Nama Orang; Arnelia Dwi Yasa, M.Pd. - Nama Orang; Prihatin Sulistyowati, S.S, M.Pd. - Nama Orang;

Literasi digital merupakan kebutuhan primer dalam mengimplemetasikan pendidikan di abad 4.0. Terselenggaranya pembelajaran daring sebagai model pembelajaran solutif di tengah pandemi menuntut siswa untuk memiliki literasi digital. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui literasi digital siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 dan hambatan yang dialami oleh siswa dalam literasi digital.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan lokasinya dilaksanakan di SDN Kebonsari 1 dan SDN Tangkilsari 1. Subjek penelitian ini dipilih 2 orang yang dikembangkan dengan menggunakan teknik snowball sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan proses penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan derajat kepercayaan dengan penekunan observasi serta triangulasi, derajat kepastian, derajat kebergantungan dan derajat kepastian.
Adapun hasil penelitian mengenai literasi digital siswa sekolah dasar pada pembelajaran daring menunjukkan bahwa siswa sebagian besar mampu untuk mencari, mengevaluasi, mengelola, berinteraksi, berbagi, membuat dan mengedit konten di berbagai format. Namun kemampuan tersebut masih perlu dilatih dan dioptimalkan kembali. Sedangkan pada kemampuan memodifikasi dan mengintegrasikan informasi untuk membuat konten dan pengetahuan asli, baru dan relevan menunjukkan bahwa siswa masih belum memiliki kemampuan pada indikator tersebut. Sehingga perlu adanya pelatihan secara khusus agar siswa mampu memiliki dan dapat mengembangkan kemampuan tersebut.


Ketersediaan
21344286/SB/2022KKI 372 NAF a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 NAF a/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xiv, 272hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pandemi COVID-19
Literasi Digital
Skripsi
Pembelajaran Daring
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik