Electronic Resource
Analisis Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19
Literasi digital merupakan kebutuhan primer dalam mengimplemetasikan pendidikan di abad 4.0. Terselenggaranya pembelajaran daring sebagai model pembelajaran solutif di tengah pandemi menuntut siswa untuk memiliki literasi digital. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui literasi digital siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 dan hambatan yang dialami oleh siswa dalam literasi digital.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan lokasinya dilaksanakan di SDN Kebonsari 1 dan SDN Tangkilsari 1. Subjek penelitian ini dipilih 2 orang yang dikembangkan dengan menggunakan teknik snowball sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan proses penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan derajat kepercayaan dengan penekunan observasi serta triangulasi, derajat kepastian, derajat kebergantungan dan derajat kepastian.
Adapun hasil penelitian mengenai literasi digital siswa sekolah dasar pada pembelajaran daring menunjukkan bahwa siswa sebagian besar mampu untuk mencari, mengevaluasi, mengelola, berinteraksi, berbagi, membuat dan mengedit konten di berbagai format. Namun kemampuan tersebut masih perlu dilatih dan dioptimalkan kembali. Sedangkan pada kemampuan memodifikasi dan mengintegrasikan informasi untuk membuat konten dan pengetahuan asli, baru dan relevan menunjukkan bahwa siswa masih belum memiliki kemampuan pada indikator tersebut. Sehingga perlu adanya pelatihan secara khusus agar siswa mampu memiliki dan dapat mengembangkan kemampuan tersebut.
21344286/SB/2022 | KKI 372 NAF a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain