Electronic Resource
Pengembangan Modul Matematika Geometri Berbasis Ethnomatematika Kelas V
Pendidik dalam proses pembelajaran matematika memberikan buku pendamping khusus sebagai sumber belajar dan pegangan dalam proses pembelajaran. Pendidik perlu memberikan pembelajaran metematika yang menyenangkan dan perlu mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran matematika ditemui masih menggunakan bahan ajar LKS (Lembar Kegiatan Siswa) saja, dimana LKS hanya berisi soal-soal latihan, materi yang sedikit, penyajian buku kurang menarik peserta didik karena kertas yang digunakan masih berwarna hitam putih. Selain penggunaan LKS, kegiatan pembelajaran berpusat pada pendidik, sehingga peneliti mengembangkan bahan ajar mandiri berupa modul untuk membentuk proses pembelajaran secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul matematika geometri berbasis ethnomatematika. Modul berukuran A4 yang meliputi cover, identitas singkat penulis, kata pengantar, daftar isi, deskripsi modul, peta konsep, kegiatan modul, petunjuk modul, materi, contoh soal, latihan soal, evaluasi, rangkuman, pesan singkat, daftar pustaka dan identitas penulis. Penelitian menggunakan model penelitian pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan aspek kelayakan memperoleh rata-rata persentase oleh ahli bahan ajar dan ahli materi masing-masing 94,6% dan 77,6% dengan kriteria sangat valid dan valid. Aspek kepraktisan dengan rata-rata perolehan persentase angket respon pendidik dan peserta didik masing-masing 92,2% dan 97% dengan kriteria sangat praktis. Aspek keefektifan dengan rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik yaitu 88 dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa modul matematika geometri berbasis ethnomatematika layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
21344283/SB/2022 | KKI 372 PRA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain