Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Etnomatematika Pada Materi Geometri Siswa Kelas IV SDN Sukun Malang
Keberhasilan guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan dapat menumbuhkan motivasi pada siswa dalam mengikuti pembelajaran ini sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri Siswa Kelas 4 SDN Sukun 1 Malang yang layak digunakan berdasarkan penilaian dari Ahli Materi, Ahli Media, guru wali kelas dan Siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa. Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Etnomatematika dikembangkan menggunakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pada tahap Development, media yang dikembangkan dinilai kelayakannya oleh 1 validator Materi, 1 vaidator Media. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini melalui angket dan test. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan prosentase skor validasi kelayakan gabungan sebesar 82% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba produk menunjukan prosentase skor respon gabungan oleh guru dan siswa sebesar 84% dengan kategori sangat baik. Hasil tes menunjukan rata-rata tingkat penguasaan siswa (TPS) sebesar 80 dengan kategori tinggi yang berarti pembelajaran dapat berjalan efektif. Media ini dapat digunakan oleh guru sebagai alternative media pada pembelajaran geometri tentang ciri-ciri bangun datar serta dapat digunakan sebagai acuan bagi peneliti selanjutnya dalam mengembangkan media pembelajaran khususnya media ular tangga berbasis etnomatematika.
21344282/SB/2022 | KKI 372 FER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain