Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Etnomatematika Pada Materi Geometri Siswa Kelas IV SDN Sukun Malang

Electronic Resource

Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Etnomatematika Pada Materi Geometri Siswa Kelas IV SDN Sukun Malang

Ice Trisnawati Fernandes - Nama Orang; Nyamik Rahayu Sesanti, S.Pd., M.Pd. - Nama Orang; Dr. Triwahyudianto, S.Pd., M.Si. - Nama Orang;

Keberhasilan guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan dapat menumbuhkan motivasi pada siswa dalam mengikuti pembelajaran ini sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri Siswa Kelas 4 SDN Sukun 1 Malang yang layak digunakan berdasarkan penilaian dari Ahli Materi, Ahli Media, guru wali kelas dan Siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa. Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Etnomatematika dikembangkan menggunakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pada tahap Development, media yang dikembangkan dinilai kelayakannya oleh 1 validator Materi, 1 vaidator Media. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini melalui angket dan test. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan prosentase skor validasi kelayakan gabungan sebesar 82% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba produk menunjukan prosentase skor respon gabungan oleh guru dan siswa sebesar 84% dengan kategori sangat baik. Hasil tes menunjukan rata-rata tingkat penguasaan siswa (TPS) sebesar 80 dengan kategori tinggi yang berarti pembelajaran dapat berjalan efektif. Media ini dapat digunakan oleh guru sebagai alternative media pada pembelajaran geometri tentang ciri-ciri bangun datar serta dapat digunakan sebagai acuan bagi peneliti selanjutnya dalam mengembangkan media pembelajaran khususnya media ular tangga berbasis etnomatematika.


Ketersediaan
21344282/SB/2022KKI 372 FER p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 FER p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
vii, 152hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Media Pembelajaran
Geometri
Skripsi
ular tangga berbasisi etnomatematika
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik