Electronic Resource
Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Usaha Menumbuhkam Minat Baca Siswa di SMP Negeri 27 Malang Tahun Akademik 2020-2021
Perpustakaan merupakan adalah sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan berbagai buku-buku bacaan dan juga terbitan lainnya yang diletak berdasarkan tata susunan. Minat baca merupakan sikap mencurahkan perhatian atau sikap ingin tahu seseorang yang bijaksana dan intelektual untuk mencari dan menggali informasi baru tentang pengetahuan dengan kesediaan untuk melakukan kegiatan tersebut. Seseorang yang mempunyai minat baca yang bagus akan mewujudkan dan bersedia mendapatkan bahan bacaan, serta membacanya dan mempu mengaplikasikan pesan-pesan yang terkandung pada bacaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menlihat seberapa penting peranan perpustakaan sekolah dalam menumbuhkan minat baca sisiwa, untuk mengetahui kendala yang dihadapi perpustakaan sekolah serta factor pendukung dan penghambat perpustakaan sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa di SMPN 27 Malang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan bahwa peranan perpustakaan dalam usaha menumbuhkan minat baca siswa di SMP Negeri 27 Malang memiliki peranan yang sangat penting dalam menumbuhkan minat baca siswa, karena perpustakaan adalah jantungnya sebuah sekolah yang menyediakan berbagai macam buku ilmu pengetahuan. Adapun tujuan dari peprustakaan ialah tujuan untuk menghimpun dan menyerap informasi,sebagai wadah pengetahuan yang terorganisir ,membantu perkembangan kemampuan berpikir,mendidik siswa memanfaatkan bahan pustaka secara efisien. Adapun kendala perpustakaan dalam usaha menumbuhkan minat baca siswa di SMP Negeri 27 Malang adalah kurangnya fasilitas perpustakaan dan kurangnya minat siswa dalam membaca, dengan factor pendukung yaitu sarana dan prasarana yang cukup memadai dan adanya kegiatan literasi siswa yang diadakan oleh sekolah. Sedangkan factor penghambatnya adalah kurangnya fasilitas pada perpustakaan ini merupakan salah satu masalah yang ada di tiap-tiap perpustakaan walaupun kurangnya fasilitas itu berbeda-beda dan kurangnya motivasi dan juga peran serta orang tua dalam menumbuh kembangkan minat baca anak.
21344277/SB/2022 | KKI 371.114 TOG p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain