Electronic Resource
Pengembangan Media Digital Berbasis Android Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas IV Di SDN Petungsewu 02 Malang
Penelitian ini didasari dari kurangnya pemanfaatan teknologi pada saat pembelajaran, banyak guru yang belum memanfaatkan teknologi secara maksimal sehingga pembelajaran sering kali menjadi membosankan apalagi dengan keadaan yang sekarang adanya covid 19 ini mengharuskan siswa untuk belajar dirumah. Media berbasis android merupakan media yang berbentuk aplikasi dalam Handphone android yang dapat digunakan untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar di sekolah maupum di rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kelayakan media digital berbasis android pada pembelajaran tematik, 2) Untuk mengetahui keefektifan media digital berbasis android pada pembelajaran tematik.
Hasil penelitian kevalidan media digital berbasis android ini oleh ahli media memperoleh skor kevalidan 90,4% dengan kategori sangat layak digunakan. Penilaian kevalidan media digital berbasis android oleh ahli bahasa memperoleh skor kevalidan 92,48% dengan kategori sangat layak digunakan. Hasil penelitian kevalidan media digital berbasis android oleh ahli materi memperoleh skor kevalidan 94,42 dengan kategori sangat layak digunakan. Media digital berbasis android ini juga divalidasi oleh praktisi (Guru kelas IV) dan memperoleh presentase 93,92% dengan kategori sangat praktis. Dari hasil penelitian oleh ahli materi, bahasa, media, dan praktisi (Guru kelas IV) dapat disimpulkan bahwa media digital berbasis android ini sangat valid untuk digunakan siswa kelas IV di SDN Petunngsewu 02 Malang.
Berdasarkan hasil penelitian oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan praktisi (Guru kelas IV) dapat disimpulkan bahwa media digital berbasis android pada pembelajaran tematik untuk kelas IV Di SDN Petungsewu 02 Malang memperoleh kategori sangat layak untuk digunakan siswa kelaas IV di SDN Petungsewu 02 malang. Pada pengembangan media digital pembelajaran ini menggunakan model Research and Development (R&D). Model pengembangan ini memiliki sepuluh tahapan yaitu Potensi dan Masalah, Mengumpulkan data, Desain Produk, Validasi Desain, Uji coba pemakaian, Revisi Produk, Uji Coba Produk, Revisi Desain, Revisi Produk, Produksi Massal. Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Petungsewu II Kabupaten Malang. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, Anget, Obsevasi dan dokumentasi. Media pembelajaran melalui tahap validasi terlebih dahulu oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan calon pengguna (guru) kemudian di uji cobakan kepada siswa kelas IV SDN Petungsewu II sebanyak dua kali, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar di setiap kelompok di bagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas experiment dengan memberikan pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.
21344275/SB/2022 | KKI 372 PUR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain