Electronic Resource
Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Android Pada Materi Operasi Penjumblahan Dan Pengurangan Bilangan Cacah Pada Kelas 3 Sekolah Dasar
Proses pembelajaran di SDN Kebonsari 02 Kota Malang khusunya kelas III dikatakan belum bisa mencapai tujuan pembelajaran. Kurangnya referensi bahan ajar yang membuat siswa belum bisa memahami materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan operasi hitung bilangan cacah. Pada penelitian ini menghasilkan pengembangan bahan ajar ensiklopedia cacah berbasis android. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kelayakan dan kepraktisan dari pengembangan produk ensiklopedia berbasis android operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah kelas 3 sekolah dasar yang akan di distribusikan lewat aplikasi play book milik play store yang dapat diunduh secara gratis.Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan. Model yang di gunakan adalah ADDIE dimana ada 5 tahap dalam penelitian yaitu, Analisis (Analisys), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Tetapi pada penelitian ini tidak melakukan tahap evaluasi (evaluation) dan penelitian ini berhenti pada tahap implementasi (implementation). Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif. Dimana kualitatif menghasilkan data berupa angka atau skor, sedangkan kualitatif berupa deskiptif Ensiklopedia berbasis android ini menghasilkan berberapa kategori : (a) Layak, dengan masing- masing perolehan dari presentase ahli bahan ajar 88,33%, ahli materi 75,83%. (b) Praktis, yang dihasilkan dari presentase respon guru 92,50% dan respon siswa 89,67%. Berdasarkan hasil yang diperolah tersebut, ensiklopedia berbasis android operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah ini dapat digunakan di lapangan karena dikategorikan layak serta praktis. Maka dari itu alangkah baiknya jika bahan ajar ensiklopedia berbasis android operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah digunakan pada proses pembelajaran agar bahan ajar yang sudah tercipta dapat berfungsi sebagai mana mestinya.
21344274/SB/2022 | KKI 372 ROS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain