Electronic Resource
Pengaruh Keikutsertaan Siswa Di TPQ Terhadap Sikap Religius Siswa Di MI Assalam Beji Kota Batu
Penelitian ini dilatar belakangi oleh karakter religius yang masih kurang di MI Assalam dilihat dari kurangnya siswa menghargai orang lain dan kurangnya sopan santun yang ada pada siswa. MI Assalam merupakan sekolah berbasis Agama Islam yang menggunakan kurikulum 2013, terdapat berbagai macam penilaian antara lain penilaian sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Pada penilaian sikap di sekolah dasar sering diabaikan padahal untuk pembentukan karakter anak itu dimulai dari sikap saat di sekolah dasar. Oleh karena itu peneliti ingin menyelidiki adakah pengaruh TPQ terhadap sikap religius siswa yaitu perilaku taat / patuh, dan santun dalam menjalankan agama, bersikap toleran serta menjalin kerukunan antar umat beragama. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh keikutsertaan siswa di TPQ terhadap sikap religius siswa di MI Assalam Beji Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh keikutsertaan siswa di TPQ terhadap karakter religius siswa kelas VI dan pengolahannya akan menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan adanya pengaruh keikutsertaan siswa di TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur‟an) terhadap sikap religius siswa di MI Assalam Beji Kota Batu yang di buktikan dengan menggunakan uji-t menghasilkan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini sesuai dengan kriteria nilai sig < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa keikutsertaan siswa di TPQ mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap sikap religius siswa. Dari paparan kesimpulan tersebut maka dapat disimpulkan apabila siswa yang mengikuti TPQ memiliki sikap religius lebih tinggi dari siswa yang tidak mengikuti TPQ.
21344273/SB/2022 | KKI 372 HAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain