Electronic Resource
Peran Sekolah Dalam Menanamkan Nilai Karakter Kerja Keras Melalui Pembelajaran Dalam Jaringan Di SDN Karang Besuki 2 Malang
Mengikuti perkembangan dari zaman dunia pendidikan yang sudah tidak lagi lepas dari berbagai permasalahan, seperti rendahnya pendidikan karakter salah satunya adalah karakter karja keras. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya tentang peran sekolah dalam menanamkan nilai karakter kerja keras melalui pembelajaran dalam jaringan di sekolah dasar negeri (SDN) Karangbesuki 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer didapat dari wawancara dengan kepala sekolah, serta guru kelas untuk data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Setelah mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi peneliti menganalisis data dengan analisis berdasarkan Miles & Huberman yang mencakup tiga proses, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber yaitu Reduksi data, Display dan Verifikasi data. Hasil penelitian bahwa penerapan pendidikan karakter kerja keras dalam pembelajaran daring dapat diimplementasikan melalui beberapa srategi yaitu pemberian tugas bacaan, keterampilan, literasi dan disela-sela pembelajaran menyelipkan motivasi dan kolaborasi dengan orang tua melalui WhatsApp WA, Classroom serta Google meet. Dampak pembelajaran daring terhadap pendidikan karakter kerja keras ini berdampak negatif karena masih ada siswa tidak memiliki handphone HP Android, jaringan internet yang kurang stabil, sehingga mengerjakan dan mengumpulkan tugas dari bantuan orang tua.
21344267/SB/2022 | KKI 372 KAK p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain