Electronic Resource
Pengembangan Media Game Pintu Cita-Citaku Berbasis Web Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Pada Siswa Kelas IV SDN Donomulyo 03
Penelitian ini berlatar belakang kurangnya penggunaan media pembelajaran khususnya pembelajaran IPS. Pembelajaran dilaksanakan secara daring karena pandemi covid-19, sehingga siswa merasa bosan dan kurang antusias dalam. Dibutuhkanya media pembelajaran elektronik yang menarik dan mudah digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam masa pandemi covid-19. Penelitian ini beertujuan mengembangakn media Game PITAKU Berbasis Web, serta mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran Game PITAKU Berbasis Web.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE dengan menggunakan 5 tahapan yang terdiri dari : (1) Tahap analyze yang meliputi analisis kurikulum, analisis kebutuhan, dan analisis karakteristik siswa, (2) Tahap design yang merupakan tahap perencanaan dan rancangan media pembelajaran, (3) Tahapa development yang meliputi pengembangan dari media pembelajaran dan validasi kepada validator ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, (4) Tahap implementation berupa uji coba produk guru kelas dan siswa kelas IV SDN Donomulyo 03, (5) Tahap evaluate berupa tahapan untuk mengetahui ketercapaian pengembangan media pembelajaran Game PITAKU Berbasis Web. Subjek uji coba produk media ini meliputi validator ahli materi, validator ahli media, validator ahli bahasa, guru kelas IV, dan siswa kelas IV SDN Donomulyo 03 Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Instrument digunakan untuk pengumpulan data menggunakan lembar angket dan dokumentasiHasil menunjukan bahwa media pembelajaran ini telah melalui tahapan – tahapan sistematis penelitian pengembangan. Berdasarkan hasil validasi pada ahli materi memperoleh nilai rata – rata 90% dengan katogori kelayakan sangat tinggi, sedangkan validator ahli media memperoleh nilai rata-rata 96% dengan kategori kelayakan sangat tinggi dan validator ahli bahasa memperoleh nilai rata – rata 94% dengan kategori sangat tinggi. Hasil angket respon oleh guru memperoleh 93,5% dengan kategori sangat praktis, serta uji coba terbatas pada siswa kelas IV memperoleh 91,6% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, media pembelajaran Game PITAKU Berbasis Web layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran muatan IPS materi jenis – jenis pekerjaan kelas IV.
21344265/SB/2022 | KKI 372 RES p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain