Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas IV Sdn Bandung Rejosari 1 Kota Malang
Berdasarkan hasil observasi di SDN Bandung Rejosari 1 Kota Tahun Pelajaran 2019/2020, diketahui bahwa pembelajaran IPS sangat menjenuhkan karena penyajianya yang besifat monoton, sehingga siswa kurang antusias dan mengakibatkan pembelaaran kurang menarik sehingga siswa kurang mengaktualisasikan dirinya dalam pembelajaran terutama paa saat kerja kelompok siswa lebih banyak bermain dan ribut sendiri . Guru lebih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga siswa kurang antusias dalam pembelajaran. Penulis tertarik untuk menerapkan model pembelajaran Team games tournament dalam pembelajaran di kelas dengan harapan adanya pengaruh prestasi belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Bandung Rejosari 1 Kota Malang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Team Games tournament, dan motivasi sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar pada pembelajaran IPS. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA sebagai kelas control dan siswa kelas IVC sebagai kelas eksperimen . Penentuan sampel dalam penelitian ini dilihat dari hasil belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Analisis data menggunakan (uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis). Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament dan motivasi terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN Bandung Rejosari 1 Kota Malang . Hal ini menunjukan dengan hasil uji 2- tailed yaitu pada taraf signifikansi 0,05 (0,00 0,05) artinya, bahwa Ho ditolak H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament dan motivasi terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN Bandung Rejosari 1 Kota Malang Tahun Pelajaran2019/2020.
21344264/SB/2022 | KKI 372 REN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain