Electronic Resource
Kajian Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Tanjungrejo 4 Malang
Pendidikan karakter yang diterapkan dalam lembaga pendidikan bisa menjadi salah satu saran pemanusiaan dan pembudayaan. Karakter atau akhlak
anak sangat penting dalam kehidupan peserta didik di masa pandemi covid-19. Untuk itu, pendidikan karakter pada masa pandemi harus diperhatikan karena pembelajarannya jarak jauh (Daring) yang dimana peserta didik hanya bisa dikontrol secara online tanpa pembelajaran tatap muka dan sulit bagi guru untuk mengetahui karakter peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter pada masa pandemi covid-19; (2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada masa pendemi covid-19 di SDN Tanjungrejo 4 Malang tahun ajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini penelitian studi kasus, subjek penelitian adalah kepala sekolah, pendidik atau guru kelas dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei, wawancara dan kajian dokumen. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi.
Hasil penelitian pelaksanaan pendidikan karakter pada masa pandemi covid-19 menunjukkan bahwa (1) strategi pembentukan yang dilakukan melalui tahapan; perancangan silabus dan RPP, Pembelajaran, penilaian dan evaluasi, nilai-nilai moral yang diajarkan di SDN Tanjungrejo Malang selama masa pandemik covid-19 meliputi; tanggung jawab, kedesiplinan, sopan santun, kerja keras, peduli lingkunan, dan peduli sosial. (2) kendala yang dihadapi dalam pebelajaran karakter meliputi semangat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran yang menurun, gangguan jaringan,di tempat yang ramai serta telat masuk dalam proses pembelajaran.
21344257/SB/2022 | KKI 372 KOP k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain