Electronic Resource
Analisis Nilai-Nilai Budaya Pada Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) SD Anak Saleh Kota Malang Selama Pandemi Covid-19
Penelitian ini dilatar belakangi program pemerintah untuk menciptakan karakter gemar membaca yaitu GLS (gerakan literasi sekolah). Gerakan Literasi Sekolah yaitu menumbuhkembangkan kegiatan membaca dan kecintaan terhadap bacaan dilakukan guru untuk menumbuhkan karakter positif untuk siswa baik dalam bentuk kebiasaan berpikir sehingga tercipta sebuah karya positif yang dihasilkan oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Gerakan Literasi Sekolah untuk membentuk budaya gemar membaca dari kegiatan pembiasaan yang akan membentuk karakter pada saat pandemi covid-19.
Penelitian ini menggunaan penelitian kualitatif etnografi. Etnografi mengarahkan sebuah pikiran kepada pola-pola perilaku manusia yang dapat diamati dalam kehidupan sehari-hari. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman studi dokumentasi serta menganalisis dengan menggunakan Miles and Huberman. Peneliti dalam mengambil data terjun langsung ke sekolah meskipun terjadi pandemi seta ikut ke dalam clasroom pembelajaran daring untuk mendapatkan hasil wawancara dan observasi sesuai dengan kejadian.
Hasil temuan dari penelitian menunjukan bahwa program GLS SD Anak Saleh Kota Malang telah menerapkan pembiasaan 15 menit membaca meskipun ditengah pandemi covid-19. Program KALI (Kantong Literasi) ciri khas dari SD Anak Saleh yang menjadi budaya sekolah. Program GLS lain di SD Anak Saleh yaitu KANCIL (Komunitas Anak Saleh Cinta Literasi). Pihak luar sekolah khususnya keluarga menjadi pendukung terciptanya literasi gemar membaca dengan menerapkan budaya membaca. Nilai budaya yang ada di SD Anak Saleh diantaranya: (1) budaya membaca surat-surat pendek, (2) budaya wajib kunjung perpustakaan, dan (3) budaya gemar membaca. Gerakan literasi sekolah di SD Anak Saleh membentuk suatu budaya dikarenakan keterbiasaan membaca meskipun ada hambatan pandemi covid-19
21344256/SB/2022 | KKI 372 CAH a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain