Electronic Resource
Pengembangan Penilaian Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa kelas 4 Sekolah Dasar
Di era digital sekarang guru dituntut harus menguasai berbagai teknologi yang menunjang pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi dalam upaya perbaikan penilaian hasil belajar pada era teknologi adalah kesulitan mengubah paradigma guru tentang perkembangan penilaian teknologi pendidikan yang seharusnya dilakukan. Perkembangan teknologi diantaranya yaitu media pembelajaran game edukasi berbasis kearifan lokal guna menanam nilai-nilai budaya lokal nusantara ditengah perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan penilaian pembelajaran game edukasi berbasis kearifan lokal pada siswa kelas 4 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Produk yang dihasilkan; a). Valiadsi kelayakan memenuhi kriteria sangat layak, hasil validator dari ahli instrumen 4,45 kategori sangat baik, ahli media 4,78 sangat baik, ahli bahasa diperoleh skor 5 kategori sangat baik. b). Kepraktisan oleh penilaian guru dan siswa masing-masing diperoleh 4,25 kategori baik, lembar angket siswa diperoleh skor 4,78 kategori sangat baik. serta keefektifan kemampuan instrumen penilaian pada produk diperoleh skor rata-rata 90 dan memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75.Berdasarkan hasil tersebut, produk telah memenuhi kriteria layak, praktis, dan efektif. Untuk itu produk dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar yang dapat digunakan dalam proses belajar di kelas.
21344255/SB/2022 | KKI 372 MUL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain