Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Construct 2 Pada Materi Kerajaan Hindu di Indonesia di Indonesia Kelas IV SD
Media Pembelajaran Interaktif merupakan bagian penting dalam pembelajaran, tetapi media pembelajaran yang ditemui sejauh ini masih kurang inovatif terutama dalam pembelajaran online karena adanya virus corona (Covid-19). Tentu saja semejak adanya wabah virus ini permasalahan dalam dunia Pendidikan berubah dratis. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan penelitian dengan pengembangan media pembelajaran baru yang lebih efektif, dan juga inovatif untuk digunakan oleh pendidik maupun peserta didik SD kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi construct 2 pada materi kerajaan hindu di Indonesia kelas IV SD.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Reseach and Development (R&D) tapi lebih difokuskan pada proses pengembangan menggunakan model ADDIE terdiri dari 5 tahapan yakni: Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SDK Marga Bhakti Malang berjumlah 15. Instrument yang digunakan yaitu angket dan tes. Angket meliputi angket validasi ahli media, ahli Bahasa dan ahli materi serta angket kepraktisan guru dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah layak sebagai media pembelajaran interaktif pada materi Kerajaan Hindu di Indonesia kelas IV SD. Hal ini dilihat dari hasil validasi para ahli media, ahli Bahasa, dan ahli materi mendapatkan kategori sangat layak digunakan. Kepraktisan dari guru kelas dan siswa dengan kategori sangat praktis. Sementara keefektifan memperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 56 yang artinya bahwa nilai rata-rata siswa tidak mencapai KKM. Melihat nilai rata-rata siswa tersebut, maka siswa diberikan lagi post test setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi construct 2 dan siswa memperoleh nilai rata-rata 88. Kemudian, dari hasil N-Gain diperoleh sebesar 78 dengan kategori keefektifan “Tinggi”. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi construct 2 pada materi Kerajaan Hindu di Indonesia sangat layak digunakan di kelas IV SD.
21344254/SB/2022 | KKI 372 TRI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain