Electronic Resource
Pengembangan Media Game Choose Fruits Pada Materi Faktor Persekutuan Terbesar Dan Kelipatan Persekutuan Terkecil Siswa Kelas IV SD
Kurangnya penggunaan media untuk muatan matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar dan Kelipatan Persekutuan Terkecil mengakibatkan pembelajaran tidak menarik perhatian siswa sehingga mempengaruhi pada hasil belajar mereka. berdasarkan hal tersebut, maka peneliti mengembangkan media game choose fruits pada pembelajaran Matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar dan Kelipatan Persekutuan Terkecil. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran elektronik (Choose Fruit) berbasis game pada materi Faktor Persekutuan Terbesar dan Kelipatan Persekutuan Terkecil siswa kelas IV SD, untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, serta keefektifan media pembelajaran elektronik (Choose Fruit) berbasis game tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi pada model ADDIE melalui lima tahap yaitu : analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Benjor Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Instrumen untuk mengetahui kelayakan media dengan menggunakan Lembar Angket Validasi, instrumen untuk mengetahui kepraktisan media dilakukan dengan Angket Respon Guru dan Angket Respon Siswa, sedangkan untuk mengetahui keefektifan media digunakan Tes. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Media dikatakan layak jika memperoleh rata – rata persentase 76%. Media dikatakan praktis jika memperoleh persentase 75%, dan media dikatakan efektif jika hasil belajar siswa dapat mencapai 75 sesuai dengan KKM yang diharapkan. Analisis data yang digunakan data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase 90.7% (Layak)., ahli media mendapatkan persentase 85.5% (Layak), ahli bahasa mendapatkan persentase 95,8% (Layak). Berdasar hasil tersebut, maka media dikatakan “valid”. Hasil Angket Respon guru mendapatkan persentase 88% (Sangat Baik), hasil Angket Respon Siswa mendapatkan persentase 90% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil tersebut maka media dikatakan “praktis”. Hasil tes siswa menunjukkan rata-rata 83,8, sehingga media dikatakan “efektif”. Berdasarkan hasil penelitian diatas, media Game Choose Fruits dapat dikategorikan “Layak” atau “Sangat Baik” untuk digunakan di lapangan. Media Game Choose Fruits ini dapat digunakan guru sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa dalam belajar mandiri serta memberikan referensi bagi peneliti lain dalam mengembangkan media yang berinovasi dan kreatif.
21344253/SB/2022 | KKI 372 ATI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain