Electronic Resource
Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPA SD “Siklus Kehidupan Hewan” Dalam Bentuk Video Animasi Di Sekolah Dasar
Berdasarkan pengamatan penulis ketika guru menyampaikan materi kepada siswa hanya menggunakan model ceramah tanpa adanya model yang konkret sehingga siswa belum memahami isi materi yang diberikan mengenai pengetahuan IPA, di sisi lain penulis juga melihat guru belum menerapkan model pembelajaran yang inovatif dalam mendesain skenario pembelajaran serta siswa lebih cenderung pasif untuk bertanya sehingga guru menjadi kebingungan dengan siswa apakah sudah memahami materi yang telah diberikan atau belum.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan e-modul PBL berbentuk video animasi mengenai siklus kehidupan hewan seberapa layak, praktis, dan efektif media video animasi dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan yakni metode Research and Development dengan menggunakan model ADDIE. Tahapan pengembangan dalam penelitian diawali dengan analisis, desain produk, melakukan pengembangan dan uji validitas melalui dosen ahli serta guru kelas, melakukan implementasi terhadap siswa, dan mengevaluasi produk yang telah di uji kepada siswa. Analisis data yang digunakan yakni kuantitatif dan kualitatif, serta menggunakan instrumen secara kuisoner, observasi dan melakukan tes guna melihat efektivitas dan kelayakan produk video animasi yang telah dibuat. Hasil penelitian menunjukan bahwa media video animasi mengenai siklus kehidupan hewan telah memenuhi kelayakan untuk digunakan sebagai mendia video animasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi bahasa 95,19% dinyatakan layak, ahli materi sebesar 78,33% dinyatakan layak, sedangkan ahli media didapat untuk aspek kualitas dan keefektifan media sebesar 93,31%. Penilaian kepraktisan video animasi oleh guru yakni 89,58% dan siswa 89,37% dengan kategori Sangat Baik. Hasil tes siswa mencapai rata-rata 93 sehingga sudah melampaui ketentuan nilai KKM. Berdasarkan pernyataan tersebut menunjukan bahwa video animasi mengenai Siklus Kehidupan Hewan merupakan media yang efektif dan menarik serta dapat membantu kegiatan proses pembelajaran
21344251/SB/2022 | KKI 372 ROS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain