Electronic Resource
Analis Pengembangan Berpikir Kreatif Siswa Pada Kegiatan Wirausaha Di MI Amanah Kecamatan Turen
Pada setiap sekolah memiliki cara tersendiri dalam upaya pengembangan berpikir kreatif siswa, seperti di MI Amanah Kecamatan Turen yang melaksanakan kegiatan wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan kewirausahaan di MI Amanah Kecamatan Turen, mendeskripsikan upaya pengembangan berpikir kreatif siswa pada kegiatan kewirausahaan di MI Amanah Kecamatan Turen, mendeskripsikan dampak kegiatan wirausaha pada pengembangan berpikir kreatif siswa di MI Amanah Kecamatan Turen. Pada pelaksanaan pendidikan siswa sebagai subjek utama yang harus ditumbuhkan dan dikembangkan potensi yang dimilikinya. Berbagai kegiatan di sekolah dengan pelaksanaan yang baik akan memberikan bekal bagi siswa untuk terus mengembangkan potensi yang dimilikinya. Penelitian Kualitatif ini menggunakan instrument penelitian berupa lembar wawancara, angket dan lembar dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru penanggung jawab kegiatan wirausaha dan siswa kelas III dan kelas IV di MI Amanah Kecamatan Turen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah model analisis interaksi yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan temuan peneliti menggunakan triangulasi teknik. Pada prosedur penelitian dilakukan peneliti melalui tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan pada kegiatan wirausaha pengembangan berpikir kreatif siswa dapat dirasakan. Siswa memiliki kemampuan dalam (1) Kelancaran terdiri dari penyampaian ide usaha dan cara memasarkan produk pada saat diskusi. (2) Keluwesan terdiri dari membuat kreasi baru produk dari segi rasa, bentuk, dan pengemasan yang menarik. (3). Keaslian terdiri dari membuat produk yang sehat dan harga terjangkau. (4) Kerincian terdiri membuat dagangan dengan rasa yang enak dan pelayanan ramah. Oleh karena itu, muncul juga dampak setelah melaksanakan kegiatan wirausaha ini yaitu dampak positif bagi siswa. Dampak positif tersebut berupa pengembangan berpikir kreatif siswa yang mencakup 4 aspek yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian dan kerincian.
2133949/SB/2021 | KKI 372 FIR a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain