Electronic Resource
Analisis Pembelajaran Daring Melalui WhatsApp Group Siswa SD Kelas IV SD Negeri 3 Keboin Agung Pakis Saji Pada Masa Pandemi
Penelitian ini didasari oleh pandemi covid yang melanda negara Indonesia sehingga mengubah sistem pembelajaran pendidikan sementara dari luring menjadi daring. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sistem pembelajaran daring menggunakan What’sApp di kelas IV SD Negeri 3 Kebonagung Malang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Kebonagung Pakisaji Malang berjumlah 36 orang. Metode penelitian yang digunakan di penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode observasi, instrumen, dan wawancara. Peneliti mengadakan observasi dengan data nilai siswa kelas IV, dan foto. Perkembangan nilai siswa selama pembelajaran daring diamati.. Kemudian peneliti mengadakan wawancara dengan guru dan kepala sekolah. Berikutnya, metode yang dilakukan adalah dengan instrumen angket, disebarkan kepada siswa, guru, dan wali murid siswa. Hasil kuesioner direduksi dan disimpulkan. Hasil penelitian ini adalah 57% responden memahami tugas dalam bentuk video, gambar. 50% memahami tugas dalam bentuk audio, dan 52% memahami tugas dalam bentuk teks. Responden yang mampu menggunakan fitur video dan gambar sebanyak 78% untuk mengirimkan tugas harian,. Kesimpulannya, media grup What’sApp efektif untuk memberi dan mengirimkan tugas pembelajaran daring.
2133935/SB/2021 | KKI 372 LES a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain