Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Web Based Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual ) For Life Students Pada Materi Usaha Dan Energi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Lingkungan Siswa
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk web based SAVI For Life Students pada pokok bahasan usaha dan energi yang telah teruji kelayakan dan keefektifannya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi lingkungan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi: 1) Analisis kebutuhan awal untuk mengetahui kebutuhan siswa dan guru, 2) tahap desain yang meliputi pengumpulan referensi, instrumen dan merancang dan membuat web based SAVI For Life Students, 3) Pengembangan web dilakukan dengan menggunakan aplikasi google site dan validasi ahli materi dan media, 4) uji coba terbatas skala kecil pada 20 siswa SMK kelas X, dan melakukan proses wawancara terhadap siswa dan guru dengan baground berbeda untuk memperoleh data kualitatif secara mendalam, 5) Evaluasi dari pengguna yaitu siswa dan guru mata pelajaran. Penilaian yang dilakukan mencakup 1) Uji ahli media; 2) uji ahli materi; 3) uji pengguna; 4) uji skala kecil. Hasil data analisis menyimpulkan persentase rata-rata nilai kelayakan media web based SAVI For Life Students data dari ahli media, ahli materi, dan pengguna, web pada pokok bahasan usaha dan energi layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika. Berdasarkan penilaian kelayakan dari ahli media, ahli materi, dan guru diperoleh rata-rata total skor 3,38 dalam kategori “sangat baik”. Hasil penilaian uji skala kecil kepada 26 peserta didik diperoleh skor 3,56 dalam kategori “baik”. Skor rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis dari 20 siswa sebesar 0,78 dalam kategori “tinggi” dan untuk peningkatan kemampuan literasi lingkungan siswa sebesar 0,91 termasuk dalam kategori “tinggi”. Sehingga hasil penelitian menunjukan bahwa media web based SAVI For Life Students memenuhi kriteria valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi
lingkungan siswa.
2133925/SB/2021 | KKI 530 JEM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain