Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Keefektifan Permainan Simulasi Melalui Media Congklak Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa di SMPS Darul Mustofa Sampang

Electronic Resource

Keefektifan Permainan Simulasi Melalui Media Congklak Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa di SMPS Darul Mustofa Sampang

Mohammad Hasib - Nama Orang; Laily Tiarani Soejanto, S.Psi, M.Pd. - Nama Orang; Eva Kartika Wulan Sari, S.Pd., M.Pd. - Nama Orang;

Kejenuhan belajar adalah kondisi kebosanan yang tinggi muncul dalam diri siswa sehingga emosional dan fisik menurun terhadap siswa dalam melakukan proses belajar, sehingga mental dan fisik yang jenuh akan mengalami rasa lelah dan bosan sehingga mengakibatkan munculnya rasa enggan, lesu, tidak bersemangat melakukan aktivitas belajar. Siswa yang mengalami kejenuhan tidak bisa menerima pembelajaran dengan baik sehingga siswa tidak ada perkembangan dalam dirinya.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan permainan simulasi melalui media congklak sebagai pengganti media belajar yang lebih bervariasi dari pada media biasa yang digunakan untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMPS Darul Mustofa Sampang.
Peneliti ini menggunakan rancangan pre-eksperimental design, design yang digunakan one group pre-test-post-test design. Subyek penelitian merupakan siswa SMPS Darul Mustofa di Sampang yang memiliki tingkat kejenuhan belajar berjumlah 8 siswa yang telah dipilih dari hasil purposive sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah skala kejenuhan belajar. Teknik analisis data menggunakan uji jenjang Wilcoxon dengan bantuan SPSS windows 16.0.
Hasil penelitian menunjukkan dari data awal diperoleh 8 siswa mengalami kejenuhan belajar dengan uraian 6 siswa berada pada kategori tinggi dan 2 siswa berada pada kategori sedang dan setelah diberikan permainan simulasi melalui media congklak mengalami penurunan yaitu 6 siswa berada pada kategori rendah dan 2 siswa berada pada kategori sedang Hasil uji tes statistik uji Wilcoxon Zhitungadalah -2.521a dan sig (2-tailed) adalah 0,012. Jadi dari hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) 0,012< 0,05 artinya bimbingan kelompok dengan teknik simulasi permainan congklak efektif untuk menurunkan tingkat kejenuhan belajar siswa SMPS DARUL MUSTOFA di Sampang. Dengan demikian bimbingan kelompok dengan teknik simulasi permainan congklak ini efektif untuk menurunkan tingkat kejenuhan, oleh sebab itu dapat dijadikan alternatif bagi praktisi bimbingan dan konseling dalam melaksanakan bimbingan untuk menurunkan tingkat kejenuhan siswa. Dengan media ini juga siswa mengalami perubahan perilaku setelah diberikan treatment sehingga penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi peneliti lain dalam melakukan bimbingan yang bertujuan untuk menurukan tingkat kejenuhan siswa.
Saran dalam penelitian ini adalah 1) Bagi Praktisi bimbingan dan konseling adalah harus lebih jelih memahami masalah kejenuhan belajar yang dialami siswa karena faktor kejenuhan yang dialami siswa sangat bervariasi dan lebih menguatkan semangat belajar dan motivasi agar tercapai prestasi maksimal. Berdasarkan hasil penelitian teknik simulasi permainan congklak efektif menurunkan tingkat kejenuhan belajar siswa dan teknik simulasi permainan ini bisa dijadikan sebagai pengganti media yang biasa digunakan oleh guru agar kejenuhan belajar bisa teratasi. 2) Bagi peneliti selanjutnya yaitu Dapat dijadikan rujukan bagi peneliti selanjutnya dalam melakukan penelitian serupa yang bertujuan mengatasi kejenuhan belajar siswa. Diperlukan upaya yang berkelanjutan dan terukur untuk mengetahui dan menurunkan tingkat kejenuhan belajar. Pengembangan media permainan tradisional congklak tidak hanya diterapkan pada kejenuhan belajar saja namun bisa untuk masalah lainnya.


Ketersediaan
2133922/SB/2021KKI 371.4 HAS k/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 371.4 HAS k/s
Penerbit
Malang : Bimbingan dan Konseling - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
xiii, 179cm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.4
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Bimbingan kelompok
Bimbingan Konseling
Kejenuhan Belajar
teknik simulasi permainan congklak
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik