Electronic Resource
Keefektifan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Mahasiswa Manggarai Di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
Tanggung jawab akademik merupakan sikap perilaku individu dalam melakukan kewajiban akademiknya. Kewajiban akademik tersebut berupa tugastugas dalam akademik, seperti belajar,mengerjakan tugas/mengerjakan ujian sendiri, tidak menunda-nunda dalam mengerjakan tugas serta rajin dalam mengikuti perkuliahan. Individu yang mempunyai tanggung jawab rendah terhadap akademik akan menghambatnya dalam mencapai aktualisasi potensi akademik yang maksimal. Jika tidak diberi bantuan, mahasiswa dengan tanggung jawab akademik yang rendah tidak akan mengalami perubahan dalam sikapnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Mahasiswa Manggarai Di Universitas Kanjuruhan Malang. Penelitian ini menggunakan desain preeksperimental dengan jenis one group pre-test dan post-test design dan teknik pengambilan subjek penelitiannya adalah purposive sampling. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah tujuh mahasiswa yang diperoleh berdasarkan hasil pre-test. Instrument penelitian ini menggunakan skala tanggung jawab akademik serta pedomaan treatment konseling kelompok realita.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic-nonparametrik dengan uji jenjang tanda wilcoxon (wilcoxon’s signed rank test), yang diolah dengan bantuan SPSS 22.0 For Windows.
Hasil analisis uji wilcoxon dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa Zhitung adalah -2,371 dan sig (2-tailed) adalah 0,018. jika probabilitas > 0,05 maka Ho (nol hypotesis) diterima, H1 (alternatif hyptesis) jika probabilitas
2133919/SB/2021 | KKI 371.4 JUI k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain