Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Sumberejo 5 Malang

Electronic Resource

Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Sumberejo 5 Malang

Hariati - Nama Orang; Dr. Cicilia Ika Rahayu Nita, M.Pd - Nama Orang; Denna Delawati C, M.Pd, - Nama Orang;

Motivasi belajar memang sering menjadi masalah bagi siswa, terutama jika siswa dihadapkan pada tugas-tugas yang sulit atau saat siswa tidak menyukai mata pelajaran tertentu. Berkaitan dengan hal tersebut ada faktor yang bisa mempengaruhi motivasi belajar siswa, Salah satunya adalah perhatian yang diberikan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di SDN Sumberejo 5 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, asosiatif dan regresi linier sederhana, karena penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sumberejo 5 Malang semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020, yang masing-masing berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini, peneliti menggunakan teknik angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap motifasi belajar siswa kelas IV di SDN Sumberejo 5 Malang dibuktikan dengan hasil regresi yang memperoleh persamaan regresi Y= 8,282 + 0,743X1 + e, koefesien determinasi sebesar 0,540 atau 54% artinya variabel X1(perhatian orang tua) mampu menjelaskan sebesar 54% variabel Y (motivasi belajar siswa), dan memiliki t hitung sebesar 0,260 yakni bernilai positif dan nilai signifikan 0.000 < 0.05 sehingga hipotresis diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa semakin tinggi perhatian orang tua maka akan semakin tinggi motivasi belajar siswa.


Ketersediaan
2133798/SB/2021KKI 372 HAR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 HAR p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
vi, 72 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Motivasi Belajar
perhatian orang tua
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik