Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbasis Daring Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP Negeri 2 Wagir
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran dengan model Kooperatif Tipe STAD Berbasis Daring, mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Daring. Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan pokok bahasan getaran, gelombang dan bunyi. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di kelas VIII D SMP Negeri 2 Wagir, subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukan keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Daring pada siklus I sebesar 69% tergolong dalam kategori baik dan pada siklus II sebesar 96% dalam kategori sangat baik. Keaktifan belajar siswa pada siklus I 60,56% tergolong dalam kategori aktif, pada siklus II mencapai 85,28% tergolong dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa berdasarkan rata-rata pada siklus I mencapai 64,33 dengan kategori cukup baik sedangkan pada siklus II mencapai 81,67 dengan kategori baik, sedangkan berdasarkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I terdapat 14 siswa yang tuntas dengan presentase sebesar 47% pada siklus II terdapat 24 siswa yang tuntas dengan presentase sebesar 80% dengan kategori baik. Hal ini dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis daring dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sisw
2133791/SB/2021 | KKI 530 GAM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain