Electronic Resource
Pengembangan E-LKPD Tema Subtema 3 PBL 1 Berbasis Inquiry Untuk Siswa Kelas 3 SDI Labalimut
Berdasarkan hasil analisis pada proses pembelajaran guru tidak menggunakan bahan ajar yang menarik dimasa pendemi covid 19. Hal ini dapat mengakibatkan siswa yang belajar dari rumah merasa bosan dan jenuh. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan bahan yang menarik untuk dapat menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: mengembangkan E-lkpd berbasis inquiry tema 3 subtema 3 pembelajara 1 untuk kelas 3 Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu : Analysis, Design, Defelopment, Implementatiaton, Evaluate. Jenis data dalam penelitian dan pengembangan ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif yang diperoleh dari angket validasi ahli materi, validasi ahli media, validasi ahli bahasa, validasi ahli praktisi dan angket respon siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli media, validasi ahli materi, validasi ahli bahasa, validasi ahli praktisi dan angket respon siswa. Subjek uji coba dilakukan oleh Guru kelas 3 dan Siswa kelas 3 SDI Labalimut. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi dari ahli media memperoleh presentase 78, 25% dengan kategori “valid atau layak”, dari ahli materi sebesar 89,28% dengan kategori “valid atau layak, dari ahli bahasa memperoleh presentase 87,50% dengan kategori “valid atau layak” dari ahli praktisi sebesar 94, 28% dengan kategori “praktis”. Pada uji coba lapangan memproleh presentase 90,23% Sehingga pengembangan E-lkpd tema 3 subtena 3 pembelajaran 1 berbasis inquiry untuk siswa kelas III sekolah dasar dapat dikatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.
2133770/SB/2021 | KKI 372 LET p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain