Electronic Resource
Study Etnografi Peran Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Karakter Dan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Berbahasa SDN Kebonsari 4 Kota Malang
Penelitian ini dilatar belakangi program pemerintah guna menciptakan karakter gemar membaca yaitu GLS (gerakan literasi sekolah). Tujuan dalam penelitian ini mendeskripsikan gerakan literasi sekolah dalam membentuk karakter emar membaca dalam berbahasa sehingga memberi manfaat untuk mempermudah pemahaman siswa, kosa kata siswa baik lisan maupun tulisan guna memecahkan suatu permasalahan disekolah dan berbahasa sebagai cerminan bangsa melalui kegiatan literasi. Penelitian ini menggunaan penelitian kualitatif etnografi dimana peneliti masuk kedalam kehidupan sehari-hari siswa baik di sekolah maupun dirumah untuk memberi gambaran penelitian yang bersifat akurat dengan mengumpulkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi serta menganalisis dengan meggunakan Miles and Huberman. hasil temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa program GLS (Gerakan Literasi Sekolah) ini telah dilaksanakan oleh SDN Kebonsari 4 Kota Malang sejak tahun 2016 berinovasi guna menciptakan budaya gemar membaca. Sekolah telah menerapkan pembiasaan 15 menit membaca menggabungkan gerakan literasi dengan program penguatan karakter kedalam budaya mutu sekolahku khususnya dalam program 15 Menit salam literasi dan Jum’at bermunajad memberi dampak positif dalam pembentukan karakter gemar membaca. Pihak luar sekolah khususnya keluarga siswa menjadi pihak pendukung agar terciptanya karakter gemar membaca dengan menerapkan budaya membaca karena karakter seorang anak lahir bukan hanya dari sekolah tetapi harus didukung oleh pihak rumah siswa melalui pembiasaan yang akan membentuk suatu budaya.
2133769/SB/2021 | KKI 372 JAN s/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain