Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Study Etnografi Peran Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Karakter Dan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Berbahasa SDN Kebonsari 4 Kota Malang

Electronic Resource

Study Etnografi Peran Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Karakter Dan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Berbahasa SDN Kebonsari 4 Kota Malang

Alifiyah Miftakhul Jannah - Nama Orang; Dwi Agus Setiawan, M.Pd., - Nama Orang; Nyamik Rahayu Sesanti, M.Pd. - Nama Orang;

Penelitian ini dilatar belakangi program pemerintah guna menciptakan karakter gemar membaca yaitu GLS (gerakan literasi sekolah). Tujuan dalam penelitian ini mendeskripsikan gerakan literasi sekolah dalam membentuk karakter emar membaca dalam berbahasa sehingga memberi manfaat untuk mempermudah pemahaman siswa, kosa kata siswa baik lisan maupun tulisan guna memecahkan suatu permasalahan disekolah dan berbahasa sebagai cerminan bangsa melalui kegiatan literasi. Penelitian ini menggunaan penelitian kualitatif etnografi dimana peneliti masuk kedalam kehidupan sehari-hari siswa baik di sekolah maupun dirumah untuk memberi gambaran penelitian yang bersifat akurat dengan mengumpulkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi serta menganalisis dengan meggunakan Miles and Huberman. hasil temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa program GLS (Gerakan Literasi Sekolah) ini telah dilaksanakan oleh SDN Kebonsari 4 Kota Malang sejak tahun 2016 berinovasi guna menciptakan budaya gemar membaca. Sekolah telah menerapkan pembiasaan 15 menit membaca menggabungkan gerakan literasi dengan program penguatan karakter kedalam budaya mutu sekolahku khususnya dalam program 15 Menit salam literasi dan Jum’at bermunajad memberi dampak positif dalam pembentukan karakter gemar membaca. Pihak luar sekolah khususnya keluarga siswa menjadi pihak pendukung agar terciptanya karakter gemar membaca dengan menerapkan budaya membaca karena karakter seorang anak lahir bukan hanya dari sekolah tetapi harus didukung oleh pihak rumah siswa melalui pembiasaan yang akan membentuk suatu budaya.


Ketersediaan
2133769/SB/2021KKI 372 JAN s/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 JAN s/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
xvii, 281 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Karakter
Skripsi
Gerakan Literasi Sekolah
Membaca
Berbahasa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik