Electronic Resource
Perkembangan Sosial Emosional Anak Dalam Masa Pandemi Pada Anak Kelompok B Di TK Tafrihatul Wildan Malang
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dan kreatif dapat mengembangkan potensi dirinya diantaranya spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya. Kondisi saat ini dengan adanya wabah Covid-19, guru tidak dapat bertatap muka dengan peserta didik.
Berdasarkan hasil observasi peserta didik kelompok B di TK. Tafrihatul Wildan Janti Selatan ada 7 anak perkembangan sosial emosionalnya masih rendah seperti anak masih malu untuk tampil do,a didepan guru dan teman-teman, anak masih berebutan main mainan outdor (seluncuran), tidak merapikan kembali permaina balok yang sudah dimainnkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak dama masa pandemi pada anak kelompok B di TK. Tafrihatul Wildan Janti Selatan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif.subjek dalam peneltian ini yaitu 45 orang tua wali yang terdiri dari 20 laki-laki dan 25 perempuan. Teknik analisis data yang utama digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase. Tujuannya adalah untuk menentukan persentase tingkat perkembangan sosial emosional anak dalam masa pandemi pada anak kelompok B di TK Tafrihatul Wildan Janti Selatan berdasarkan kategori-kategori perkembangan sosial emosional anak yang telah disusun sebelumnya, terdiri dari kategori ‘Sangat Sekali’ (SB), ‘Baik’ (B), ‘Cukup’ (C), ‘Kurang’ (K), dan ‘Sangat Kurang’ (SK). Saran dalam penlitian ini hendaknya orang tua selalu mendampingi anak ketika belajar di rumah, serta memberi nasehat dan pengarahan-pengarahan yang baik tentang proses belajarnya dengan tujuan agar anak memahami materi yang disampaikan guru dan agar anak tetap semangat dalam belajar.
2133768/SB/2021 | KKI 372 WEA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain