Electronic Resource
Perbedaan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Make A Match Berbantuan Media Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SDN Praigaga 2 Sumba Barat
Keperbedaan model pembelajaran tipe make a match memudahkan proses pembelajaran proses tanya jawab siswa dengan guru. Siswa dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan untuk dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar IPS siswa SD yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan media teka teki silang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model make a match berbantuan media teka teki silang, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar pada pembelajaran IPS. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IV A berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh karena semua siswa di dalam populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukan adanya Perbedaan model pembelajaran tipe make a match berbantuan media teka teki silang terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Praigaga 2 Sumba Barat. Hal ini menunjukan dengan hasil uji 2- tailed yaitu pada taraf signifikansi 0,05 (0,00 0,05) artinya, bahwa Ho ditolak H1 diterima. Maka tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar IPS siswa SD yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan media teka teki silang.
2133757/SB/2021 | KKI 372 DAS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain