Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII-I SMP PGRI 06 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-I SMP PGRI 06 Malang yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama dan siklus kedua dilaksanakan dalam 6 pertemuan, siklus I terdiri dari 3 pertemuan yaitu 2 kali tata muka dan 1 kali pemberian tes. Sementara itu, untuk siklus II terdiri dari 3 pertemuan yaitu 2 kali tatap muka dan 1 kali pemberian tes. Teknik pengumpulan data adalah pemberian tes, metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Untuk menghindari kesalahan dan kekeliruan data yang terkumpul dilakukan pengecekan keabsahan data, dengan triangulasi, ketekunan pengamat, dan pengecekan teman sejawat.
Hasil pembelajaran pada materi sistem persamaan linier dua variabel melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I dengan nilai rata – rata adalah 71,3 dan presentase ketuntasan belajar adalah 55%, maka pada siklus II untuk nilai rata – rata meningkat menjadi 87,6 dan presentase ketuntasan belajar adalah 90%. Sedangkan hasil aktivitas guru pada siklus I adalah 73%, aktivitas siswa pada siklus I adalah 69%, pada siklus II hasil aktivitas guru meningkat menjadi 91% dan aktivitas siswa menjadi 82%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil tes siklus I dan siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai 55% dan 90%. Dapat dikatakan hasil belajar siswa meningkat.
2133666/SB/2021 | KKI 510 BIL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain