Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII-I SMP PGRI 06 Malang

Electronic Resource

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII-I SMP PGRI 06 Malang

Margaretha Bille - Nama Orang; Trija Fayeldi, M. Si. - Nama Orang; Dr. Sri Hariyani, M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-I SMP PGRI 06 Malang yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama dan siklus kedua dilaksanakan dalam 6 pertemuan, siklus I terdiri dari 3 pertemuan yaitu 2 kali tata muka dan 1 kali pemberian tes. Sementara itu, untuk siklus II terdiri dari 3 pertemuan yaitu 2 kali tatap muka dan 1 kali pemberian tes. Teknik pengumpulan data adalah pemberian tes, metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Untuk menghindari kesalahan dan kekeliruan data yang terkumpul dilakukan pengecekan keabsahan data, dengan triangulasi, ketekunan pengamat, dan pengecekan teman sejawat.
Hasil pembelajaran pada materi sistem persamaan linier dua variabel melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I dengan nilai rata – rata adalah 71,3 dan presentase ketuntasan belajar adalah 55%, maka pada siklus II untuk nilai rata – rata meningkat menjadi 87,6 dan presentase ketuntasan belajar adalah 90%. Sedangkan hasil aktivitas guru pada siklus I adalah 73%, aktivitas siswa pada siklus I adalah 69%, pada siklus II hasil aktivitas guru meningkat menjadi 91% dan aktivitas siswa menjadi 82%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil tes siklus I dan siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai 55% dan 90%. Dapat dikatakan hasil belajar siswa meningkat.


Ketersediaan
2133666/SB/2021KKI 510 BIL p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 MAR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xiii, 101hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
STAD
Skripsi
Pendidikan Matematika
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik