Electronic Resource
Pengaruh Reinforcement Terhadap Pencerminan Kristalisasi Moral Siswa Dalam Sila Ke-2 Pancasila (Studi Di Sekolah Menengah Kejuruhan Negeri 2 Malang)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran reinforcement terhadap pencerminan kristalisasi moral siswa sila ke- 2Pancasila di SMK Negeri 2 Malang. Pendekatan yang digunakan ialah kuantitatif. Jenis metode yang digunakan adalah survei. Peneliti memilih populasi kelas XI jurusan keperawatan sebanyak 139 siswa. Peneliti mengambil kelas ini menurut rekomendasi dari guru PPKn yang telah berpengalaman di SMK Negeri 2 Malang. Bahwa kelas yang responnya paling bagus, dan dalam peristiwa pandemi ini respon siswa sebanyak 60% sampai 70%. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, peneliti melakukan penyaringan jawaban yang representatif untuk di masukkan di sampel penelitian, taraf kesalahannya sebasar 5%. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan angket Reinforcement dan moral siswa dan dokumentasi untuk menjelaskan profil sekolah. Sedangkan untuk menguji data, peneliti menggunakan uji coba instrument validitas dan uji realibilitas. Uji asumsi menggunakan uji normalitas dan uji linieritas, dan uji hipotesis. Dari uji coba instrument berhasil jika nilai sig kurang dari alpha, validitas semua angket dikatakan valid karena semua pernyataan mempunyai nilai signifikan kurang dari 0,05. Selanjutnya pada uji realibilitas nilai sig juga kurang dari 0,05 maka angket dapat di percaya atau bersifat realibel. Berikutnya pada uji asumsi berhasil jika nilai sig lebih besar dari alpha, normalitas nilai signifikan menggunakan SPSS Uji Kolmogorov-Smirnov untuk angket Reinforcement 0,160 dan moral siswa yakni 0,862 lebih dari 0,05 yang artinya data berdistribusi normal. Selanjutnya pada uji linieritas nilai signya 0,391 lebih dari 0,05 maka asumsi linier terpenuhi. Hipotesis berhasil jika nilai sig kurang dari alpha menggunakan uji F dari pengujian yang sudah dilakukan pada uji F diketahui nilai sig sebesar 0,024 < 0,050, sehingga terdapat pengaruh signifikan antara Reinforcement dan pencerminan kristalisasi moral siswa dalam sila ke-2 Pancasila di SMK Negeri 2 Malang. Yang artinya Ha di terima dan H0 ditolak. Sehingga pembelajaran Reinforcement berpengaruh terhadap pencerminan kristalisasi moral siswa dalam sila ke-2 Pancasila.
2133642/SB/2021 | KKI 371.114 ANG p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain