Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Online Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Getaran
Kondisi pandemi menuntut pembelajaran tatap muka dihentikan dan dialihkan dengan pembelajaran secara online. Kegiatan online yang dilakukan oleh Mts At-Taraqqie hanya menekankan pemberian tugas dan tidak melibatkan kegiatan penemuan konsep secara ilmiah sehingga pemahaman konsep rendah. Model pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Online sebagai solusi model pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep di masa pandemi ini dengan kegiatan pembelajaran ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemahaman konsep peserta didik jika diterapkan model pembelajaran guided inquiry berbasis online, (2) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui hasil observasi aktivitas peserta didik dan pemahaman konsep peserta didik. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan aktivitas peserta didik dari 72,38% (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 82,96% (baik) pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal pemahaman konsep peserta didik pada siklus I sebesar 43,75% dengan rata-rata 62,50 meningkat menjadi 75% dengan rata-rata 68,57 pada siklus II.
2133640/SB/2021 | KKI 530 MUS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain