Electronic Resource
Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mencegah Kenakalan Peserta Didik (Studi Kasus Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pakisaji)
Kenakalan peserta didik merupakan perbuatan atau tingkah laku oleh seorang peserta didik baik secara sendirian maupun secara kelompok yang bersifat melanggar ketentuan-ketentuan hukum, moral, dan sosial yang berlaku di lingkungan sekolah. Bertolak dari itu guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai pendidik mempunyai tugas memberi bantuan dan dorongan, tugas pengawasan dan pembinaan serta tugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan peserta didik agar patuh terhadap aturan-aturan sekolah dan norma hidup dalam keluarga dan masyarakat. Guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai penanggung jawab dalam mengontrol setiap aktivitas peserta didik agar tingkah lakunya tidak menyimpang dengan norma-norma yang ada di lingkungan sekolah. Tujuan dari penilitan ini adalah (I) untuk mengetahui apa saja jenis-jenis kenakalan peserta didik di SMP Negeri I Pakisaji, (2) untuk mengetahui bagimana tindakan guru dalam mencegah kenakalan peserta didik di SMP Negeri I Pakisaji, dan (3) untuk mengetahui upaya guru pendidikan kewarganegaraan dalam mencegah kenakalan peserat didik di SMP Negeri I Pakisaji. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini bertujuan untuk mengkaji suatu peristiwa atau fakta yang terjadi pada saat penelitian, dan penelitian ini menggunakan metode wawancara,observasi, dan dokumentasi serta teknik tringulasi untuk memperoleh keabsahan data. Dari hasil penelitian tentang Peran Guru Dalam Mencegah Kenakalan Peserta Didik (Sekolah Menengah Pertama Negeri I Pakisaji) diharapkan mampu meningkatan kualitas pelayanan pembinaan dan bimbingan dalam mencegah kenakalan peserta didik, agar pembinaan dan pemberiaan dalam mencegahan kenakalan peserta didik dapat tercapai dan berhasil secara optimal dan kepada pihak sekolah diharapkan mampu meningkatkan pelayanan bimbingan dan konseling yang mendukung pencegahan kenakalan peserta didik di sekolah, serta mengharapkan bantuan dari guru mata pelajaran lain.
2133637/SB/2021 | KKI 371.114 JUI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain