Electronic Resource
Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai Karakter Kerjasama Materi Interaksi Sosial Kelas V Di SDN Sukun 1 Kota Malang
Penggunaan modul pada pembelajaran IPS khususnya dalam materi Interaksi sosial yang kurang beragam dan efektif belum dilakukan secara mobile terutama saat masa darurat penyebaran Corona Virus Disease. Selain itu, modul IPS yang dimiliki siswa kurang efektif dan inovatif dalam memunculkan imajinasi pengguna. Maka dibutuhkan E-Modul yang menarik dan juga interaktif disertai video dan audio. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan pengembangan E-Modul berbasis nilai karakter kerjasama materi interaksi sosial kelas V di SDN Sukun 1 Kota Malang.
Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yakni: tahap analisis (Analysis), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation). Peneliti menggunakan model ADDIE karena memiliki sistematika yang runtut. Subyek uji coba kelayakan dalam penelitian ini adalah dosen pembelajaran tematik, dosen bahasa, dan dosen media.
Instrumen yang digunakan adalah angket. Angket terdiri dari angket ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Teknik analisis data yang digunakan adalah data
kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian E-Modul berbasis nilai karakter kerjasama materi interaksi sosial dapat diketahui dari ahli materi memperoleh skor 84,09% dengan kategori sangat layak, ahli bahasa memperoleh skor 95,58% dengan kategori sangat layak, dan ahli media memperoleh skor 75,01% dengan kategori sangat layak.
Berdasarkan pemaparan hasil penelitian di atas E-Modul berbasis nilai karakter kerjasama materi interaksi sosial dapat dijadikan acuan sumber belajar IPS di kelas maupun daring.
2133631/SB/2021 | KKI 372 FAD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain