Electronic Resource
Pengembangan Media Alfabet House Untuk Pengenalan Simbol Huruf Kelompok B TK Muslimat NU 4 Miftahul Huda Mendalanwangi Kabupaten Malang
Pengembangan bahasa anak dapat tercapai dengan maksimal apabila diberikan stimulus dengan baik. Pemberian stimulus dapat dilakukan oleh orang
sekitar anak seperti orang tua dan guru, pemberian stimulus bisa melalui mengajak anak berbicara, mengucapkan nama benda, menyebutkan huruf-huruf
pada gambar benda Tujuan pada penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan Media Alfabet House yang digunakan untuk pengenalan simbol huruf pada kelompok B TK Muslimat NU 4 Miftahul Huda Mendalanwangi Kec. Wagir Kab. Malang.
Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research And Develompent (RnD). Prosedur pengembangan terdiri dari 10
langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; (10) Produk Massal. Subjek pada penelitian ini adalah 15 anak kelompok B TK Muslimat NU 4 Miftahul Huda Mendalanwangi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuji dengan beberapa tahap yaitu hasil validasi dari ahli materi tahap I, diketahui skor 38 dan persentase 59,375%,
hasil validasi dari ahli materi tahap II diketahui skor 61 dan persentase 95,3125%, hasil validasi dari ahli media terhadap aspek tampilan dan penggunaan, diketahui skor 28 dan persentase 87,5%, hasil uji coba kelompok kecil bahwa jumlah penilaian 15 dari jumlah total 24 dipersentasekan sehingga didapatkan hasil 62,5%, hasil uji coba kelompok besar bahwa jumlah penilaian 45 dari jumlah total 56 dipersentasekan sehingga didapatkan hasil80,36%, hasil uji coba operasional bahwa jumlah penilaian 112 dari jumlah total 120 dipersentasekan sehingga didapatkan hasil 93,33%. Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan dari hasil uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar dan uji coba operasional bahwa pengembangan media alfabet house sudah layak dan sangat baik digunakan untuk perkembangan kemampuan bahasa kelompok B. Penelitian ini hanya meneliti pada aspek perkembangan bahasa saja, sehingga bagi peneliti lain dapat mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai media alfabet house untuk aspek perkembangan lainnya.
2133586/SB/2021 | KKI 372 IRV p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain