Electronic Resource
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Luas Bangun Datar Kelas IV SDN 3 Talok
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan materi ajar yang sudah dikemas sedemikian rupa sehingga siswa memungkinkan melakukan aktivitas nyata dengan objek dan persoalan yang mengacu pada Kompetensi Dasar yang harus dicapai. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan suatu LKPD berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang dapat membuat siswa untuk menghubungkan konsep yang didapat dalam kehidupan sehari-hari siswa, sehingga pembelajaran dapat menjadi bermakna.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dan tahapan pengembangan
produk dalam penelitian ini meliputi: tahap Analysis (analisis), tahap Design (desain), tahap Development (pengembangan), dan tahap Evaluation (evaluasi).
Subjek dalam penelitian ini adalah para ahli (LKPD dan materi) dan guru kelas IV SDN 3 Talok yang berjumlah 3 orang.
LKPD Berbasis Pendekatan RME yang dihasilkan memenuhi kriteria: a) valid, dengan rata-rata perolehan presentase oleh ahli materi dan ahli LKPD masing-masing 83,74% dan 87,01%; b) praktis, dengan rata-rata presentase angket respon guru masing-masing sebesar 85,63%, 90,42%, dan 82,29%. Berdasarkan hasil tersebut, LKPD berbasis pendekatan RME dapat menjadi sumber belajar di kelas sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan pembelajaran dapat berjalan lebih mudah dilaksanakan.
2133567/SB/2021 | KKI 372 NOF p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain