Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Kerjasama Terhadap Penggunaan Konsep Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Malang Tahun Ajaran 2019/2020
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan penguasaan konsep antara penerapan model pembelajaran discovery learning dan pembelajaran konvensional; (2) perbedaan penguasaan konsep antara siswa yang memiliki kerjasama tinggi dan kerjasama rendah; dan (3) interaksi penerapan model pembelajaran discovery learning dan kerjasama terhadap penguasaan konsep fisika yang dilakukan di SMP Negeri 17 Malang pada tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan posttest only control design group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Malang tahun ajaran 2019/2020. Penentuan sampel dengan teknik purposive sampling dan sampel penelitian terdiri dari 33 siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa kelas VIII B sebagai kelas control. Nilai penguasaan konsep diperoleh melalui hasil posttest dan nilai kerjasama diperoleh melalui hasil observasi yang dilakukan pada saat pembelajaran. Uji hipotesis menggunakan uji anova dua jalur pada taraf signifikan 5% dengan bantuan program SPSS 16.0 for window. Berdasakan hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan antara model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran konvensional terhadap penguasaan konsep fisika (0,000
2133564/SB/2021 | KKI 530 CAH p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain