Electronic Resource
Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Memotivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-Prompting (Studi Deskriptif SMP Negeri 1 Wagir)
Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam memotivasi belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat. Masalah pokok dalam penelitian ini bagaimana peran guru dalam memotivasi belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting karena melalui ini siswa yang merasa kesulitan dalam belajar terutama dalam pembelajaran kooperatif, guru dapat memberi motivasi yang baik yang dapat membangun semangat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan kejadian atau fenomena-fenomena yang terjadi sesuai dengan keadaan yang dialami langsung dari subyek penelitian kemudian menyajikan data tersebut kedalam sebuah bentuk uraian kata-kata mengenai peran guru PKn dalam memotivasi belajara siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting di SMP Negeri 1 wagir. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi serta triangulasi untuk memperoleh keabsahan data. Dari hasil penelitian tentang peran guru dalam memotivasi belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting sudah berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil rumusan kedua dapat disimpulkan yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting di SMP Negeri 1 Wagir yaitu adanya siswa yang saling membantu temannya yang kesulitan dalam belajar, tidak berpartisipasi aktif, adanya siswa merasa takut dan gugup ketika guru memberikan sebuah pertanyaan kepada siswa.
2133563/SB/2021 | KKI 371.114 IJA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain