Electronic Resource
Peningkatan Kemampuan Membilang Melalui Permainan Bola Angka Pada Anak Usia Dini Kelompok A TK Bustanul Ulum Desa Sidorenggo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan membilang pada anak kelompok A TK Bustanul Ulum yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Dari 20 anak hanya 8 anak yang mampu membilang dengan benar, 12 anak masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan kegiatan membilang.
Setelah peneliti temukan permasalahan yang ada di TK Bustanul Ulum, maka peneliti rumuskan masalah yaitu, bagaimana peningkatan kemampuan membilang melalui permainan bola angka pada anak usia dini kelompok A TK Bustanul Ulum. Jenis metode penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok A TK Bustanul Ulum yang berjumlah 20 anak dengan usia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi berbentuk cheklist. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif komparatif dengan cara membandingkan antar siklus. Kriteria keberhasilan penelitian yaitu rata-rata persentase kemampuan membilang anak kelompok A sebesar 80%.
Hasil penelitian ini menunjukan rata-rata kemampuan membilang anak melalui permainan bola angka pada pratindakan memperoleh rata-rata persentase sebesar 39,55% dan meningkat pada siklus I pertemuan pertama sebesar 60,3%, siklus I pertemuan ke dua mencapai 71,85%. Pada siklus II pertemuan pertama memperoleh rata-rata persentase sebesar 75,2%, pada siklus II pertemuan kedua meningkat sebesar 82,75%. Kemampuan membilang pada anak meningkat pada setiap siklus, hingga mencapai kriteria keberhasilan yang dinginkan. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa Permainan bola angka dapat meningkatkan kemampuan membilang pada anak kelompok A di TK Bustanul Ulum.
2133495/SB/2021 | KKI 372 SOF p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain