Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan Kemampuan Membilang Melalui Permainan Bola Angka Pada Anak Usia Dini Kelompok A TK Bustanul Ulum Desa Sidorenggo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang

Electronic Resource

Peningkatan Kemampuan Membilang Melalui Permainan Bola Angka Pada Anak Usia Dini Kelompok A TK Bustanul Ulum Desa Sidorenggo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang

Sofianah, Ulfa Nurfita - Nama Orang; Sarah Emmanuel Haryono, M.Psi - Nama Orang; Henni Anggraini, M.Psi - Nama Orang;

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan membilang pada anak kelompok A TK Bustanul Ulum yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Dari 20 anak hanya 8 anak yang mampu membilang dengan benar, 12 anak masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan kegiatan membilang.
Setelah peneliti temukan permasalahan yang ada di TK Bustanul Ulum, maka peneliti rumuskan masalah yaitu, bagaimana peningkatan kemampuan membilang melalui permainan bola angka pada anak usia dini kelompok A TK Bustanul Ulum. Jenis metode penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok A TK Bustanul Ulum yang berjumlah 20 anak dengan usia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi berbentuk cheklist. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif komparatif dengan cara membandingkan antar siklus. Kriteria keberhasilan penelitian yaitu rata-rata persentase kemampuan membilang anak kelompok A sebesar 80%.
Hasil penelitian ini menunjukan rata-rata kemampuan membilang anak melalui permainan bola angka pada pratindakan memperoleh rata-rata persentase sebesar 39,55% dan meningkat pada siklus I pertemuan pertama sebesar 60,3%, siklus I pertemuan ke dua mencapai 71,85%. Pada siklus II pertemuan pertama memperoleh rata-rata persentase sebesar 75,2%, pada siklus II pertemuan kedua meningkat sebesar 82,75%. Kemampuan membilang pada anak meningkat pada setiap siklus, hingga mencapai kriteria keberhasilan yang dinginkan. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa Permainan bola angka dapat meningkatkan kemampuan membilang pada anak kelompok A di TK Bustanul Ulum.


Ketersediaan
2133495/SB/2021KKI 372 SOF p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 SOF p/s
Penerbit
Malang : PG PAUD - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
xiii, 84hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Permainan
Skripsi
Kemampuan Membilang
Bola Angka
Kelompok TK A.
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik