Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan E-Modul Tema 6 Subtema 1 Berbasis Inkuiri Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Electronic Resource

Pengembangan E-Modul Tema 6 Subtema 1 Berbasis Inkuiri Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Heni Widia Ayu Isnia - Nama Orang; Dyah Tri Wahyuningtyas, S.Si., M.Pd - Nama Orang; Yulianti, S.Pd.I.,M.Pd. - Nama Orang;

Salah satu penyebab kurang menariknya pembelajaran tematik kegiatan belajar mengajar dikelas masih berpusat kepada guru maka sikap mandiri siswa belum nampak sehingga e-modul tema 6 subtema 1 berbasis inkuiri dibutuhkan untuk membentuk sikap mandiri siswa. penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan e-modul tema 6 subtema 1 berbasis inkuiri. Produk berupa e-modul diakses melalui internet, terdapat link yang digunakan untuk masuk ke bahan ajar e-modul, cover sumber energi, petunjuk penggunaan, materi sumber energi pembelajaran 1-6, latihan soal, soal ujian, soal evaluasi, kunci jawaban, dan penilaian untuk mengukur kemampuan siswa yang berkaitan dengan pembelajaran inkuiri.
Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajanterdiri dari empat tahap, yang pertama tahap pendefinisian (define), kedua tahap perancangan (design), ketiga tahap pengembangan (develop), dan yang keempat tahap penyebaran (disseminate). Analisis yang digunakan e-modul tema 6 subtema 1 berbasis inkuiri kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan aspek kelayakan dengan rata-rata peroleh presentase ahli bahan ajar dan materi masing-masing 94,16% dan 82,36% kriteria sangat layak. Aspek kepraktisan dengan rata-rata presentase angket respon guru sebesar 92,75% dan angket respon siswa sebesar 84,79% kriteria sangat praktis.Selanjutnya rata-rata nilai siswa mencapai 81 kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut e-modul tema 6 subtema 1 berbasis inkuiri dapat digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria layak, sangat praktis, dan sangat efektif. Manfaat dari pengembangan e-modul berbasis inkuiri ini menambah wawasan guru dan peneliti lain dapat dijadikan untuk peneliti selanjutnya.


Ketersediaan
2133062/SB/2021KKI 372 ISN p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 ISN p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
xiii, 85hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Pengembangan E-Modul
Inkuiri
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik