Electronic Resource
Penerapan Permainan Pesan Rahasia Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Katolik Wignya Mandala Tumpang
Kemampuan kognitif adalah kemampuan konsep umum yang mencakup semua bentuk pengenal, termasuk di dalamnya mengamati, melihat, memperhatikan, memberikan, menyangka, membayangkan, memperkirakan, menduga, dan menilai. Berdasarkan pengamatan pada TK Katolik Wignya Mandala Tumpang, khususnya dalam kemampuan kognitif menulis huruf besar masih belum dapat memahami, mengerti, dan menulis huruf besar. Hal tersebut dikarenakan strategi pembelajaran yang masih menggunakan cara baca tulis dan membuat anak menjadi bosan dan ingin cepat pulang.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan permainan pesan rahasia terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Katolik Wignya Mandala Tumpang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan permainan pesan rahasia terhadap kemampuan kognitif anak usia 5 – 6 tahun di TK Katolik Wignya Mandala Tumpang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian yang digunakan yaitu Cluster Sampling, dan subyek penelitiannya yaitu anak usia 5-6 tahun TK Katolik Wignya Mandala Tumpang berjumlah 15 anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan pesan rahasia terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Katolik Wignya Mandala Tumpang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa siklus I pertemuan pertama 59%, pertemuan kedua meningkat menjadi 63,98%, siklus ke II pertemuan pertama meningkat menjadi 71% dan pertemuan kedua meningkat menjadi 90,32%, maka terjadi peningkatan presentase kemampuan kognitif dalam penerapan permainan pesan rahasia pada setiap siklus.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan permainan pesan rahasia dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Katolik Wignya Mandala Tumpang. Saran untuk pendidik, permainan pesan rahasia dapat menjadi salah satu bentuk pengelolaan kegiatan dan media pada proses belajar mengajar yang menjadikan pembejaran di kelas menjadi menarik, tetapi permainan pesan rahasia tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan kognitif melainkan dapat meningkatkan aspek pengembangan yang lain, seperti perkembangan bahasa, fisik motorik, dan sosial emosional.
2133015/SB/2021 | KKI 372 LEG p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain