Electronic Resource
Peran Wali Kelas Dalam Membina Karakter dan Mencegah Munculnya Perilaku Menyimpamg di Kalangan Siswa Kelas X di SMK PGRI Pakisaji
Pendidikan karakter merupakan salah satu perhatian tiap sekolah di Indonesia. Pendidikan ini bertujuan untuk menanamkan nilai moral dan untuk membentuk karakter siswa agar tidak melakukan hal-hal yang menyimpang. Penerapan pendidikan ini tidak terlepas dari peran guru atau pihak sekolah. Peran guru di sekolah bukan saja mengajar atau menyampaikan materi, kenyataannya guru dibebani dengan tugas tambahan yaitu sebagai wali kelas. Peran wali kelas sangat diperlukan dalam menangani satu kelas yang sudah dipercayakan dan mengayomi anak wali untuk mencapai tujuan sekolah yang telah ditentukan.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana peran wali kelas dalam menanamkan pendidikan karakter agar tidak terjadinya perilaku menyimpang, mengeksplor tentang kendala-kendala yang dihadapi oleh wali kelas dalam menangani kelas yang menjadi tanggung jawab mereka serta apa saja upaya wali kelas dalam menangani kendala-kendala dalam menanamkan pendidikan moral terhadap siswa kelas X di SMK PGRI Pakisaji. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, ini bertujuan untuk menggali informasi dan memaparkan dengan cara menjelaskan dengan lengkap dan jelas sesuai data yang diperoleh. Peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data yang akurat. Penelitian ini fokus pada wali kelas X dan siswa kelas X dari jurusan Tata Boga, Tata Busana dan Otomotif .
Hasil penelitian menjelaskan bahwa peran wali kelas sangat dibutuhkan dalam penanaman pendidikan karakter bagi siswa kelas X di SMK PGRI Pakisaji. Peran wali kelas antara lain sebagai mitra kerja siswa, sebagai penengah antara guru mata pelajaran dan siswa, antara orang tua dan siswa, wali kelas sebagai motivator, sebagai pemberi teladan. Peran wali kelas tidak selalu berjalan dengan baik, wali kelas terkadang menghadapi kendala. Kendala-kendala tersebut ditimbulkan oleh beberapa siswa yang melakukan perilaku menyimpang. Hasil penelitian juga memaparkan bahwa ada berbagai upaya wali kelas X di SMK PGRI Pakisaji untuk menangani siswa yang melakukan perilaku menyimpang, dengan cara melakukan kerja sama dengan pihak sekolah lainnya, dengan orang tua atau wali murid dan melakukan sosialisasi pendidikan karakter.
2133013/SB/2021 | KKI 371.114 SUD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain