Electronic Resource
Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Siswa Intra Kampus Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Tahun Akademik 2016/2017 Universitas Kanjuruhan Malang
Organisasi adalah wahana dan ruang belajar mahasiswa dalam menghimpun, mendidik, mengkaderkan, untuk menjadi mahasiswa yang berintelek dan peka terhadap situasi sosial. Prestasi belajar mahasiswa akan ditandai ditunjukan dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif). Prestasi belajar tersebut hasil dari akumulasi yang umumnya diperoleh melalui proses baik itu dari mahasiswa itu sendiri maupun dari lingkungan sekitarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh organisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan geografi Universitas Kanjuruhan Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini di laksanakan pada mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 tahun 2017/2018 yang terdiri dari 58 mahasiswa. Instrumen penelitian yang di di lakukan dengan menggunakan (1) angket, (2) dokumentasi. Teknik analisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa diketahui nilai R Square sebesar 0,394 yang artinya terhadap hubungan organisasi terhadap hasil prestasi belajar mahasiswa sebesar 39,4% dan dapat disimpulkan bahwa hubungan organisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa bersifat positif. Pada tabel statistik uji t untuk variabel keaktifan mahasiswa dalam organisasi, diperoleh nilai t sebesar 6,031 dengan tingkat signifikansi 0.000, karena thitung > ttabel (6,031>0,05) dan signifikansi lebih kecil dari 0.05 (0.000
2133008/SB/2021 | KKI 910 DUS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain