Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran STAD Berbasis Daring Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Wagir Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran STAD untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Wagir Malang. Subjek penelitian adalah Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 2 Wagir Malang yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Jenis penelitian ini PTK (Classroom Action Research) yang pelaksanaannya melalui media online berupa media Whatsapp dan Google Formulir, yang masing-masing siklus terdiri dari tahapan-tahapan (1) Perencanaan (planing), (2) pelaksanaan (acting), (3) observer (observation), (4) refleksi (reflecting). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, disesuaikan dengan jenis variabel yang diukur, dengan tujuan agar lebih mudah dalam mengukur variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian Keterlasanaan Pembelajaran pada Siklus I adalah 64 % berada pada kualifikasi cukup biak dan pada Siklus II 90 % berada pada kualifikasi baik. Sedangkan Prestasi Belajar Fisika pada Siklus I rata-rata kemampuan Siswa 66 dan ketuntasanya mencapai 59 % dengan katogori cukup baik dan pada Siklus II rata-rata kelas 80 dan ketuntasan mencapai 81% dengan kategori baik.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran STAD berbasis Daring dapat meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa.
2132978/SB/2021 | KKI 530 JAW p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain