Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media audio visual terhadap keaktifan dan prestasi belajar fisika pada siswa kelas VIII A dan VIII C SMP Nasional Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian posstest only group design yang melibatkan 50 siswa sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan purpuse sampling. Pengumpulan data dilakukan selama dan setelah perlakukan diberikan, dengan menggunakan lembar observasi keaktifan belajar dan test prestasi belajar siswa. Analisis data diawali dengan pengujian prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa keaktifan belajar siswa yang menggunakan model discovery learning berbantuan media audio visual lebih baik dari siswa yang belajar menggunakan model konvensional (pembelajaran langsung) dengan nilai F hitung sebesar 40,876 pada taraf signifikan 3,20< 0,05.
Prestasi belajar siswa yang menggunakan model discovery learning berbantuan media audio visual lebih baik dari siswa yang belajar menggunakan model konvensional (pembelajaran langsung) dengan nilai F hitung sebesar 20,988 pada taraf signifikan 3,20< 0,05. Terdapat interaksi antara model discovery learning berbantuan media audio visual dan model konvensional (pembelajaran langsung) dengan keaktifan dan prestasi belajar dengan nilai F hitung sebesar 4,108 pada taraf signifikan 3,20
2132972/SB/2021 | KKI 530 ARD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain